Multimedia Untuk Penelitian   Leave a comment


Mulimedia banyak juga digunakan dalam penelitian dalam berbagai bidang, seperti dalam bidang pendidikan,bisnis,kesehatan dan masih banyak lagi.multimedia sangat bermanfaat untuk penelitian karena Berbagai macam Perkembangan teknologi sudah semakin pesat terutama penggunaan komputer, komputer sebagai salah satu media penyampaian informasi. Penggunaan teknologi informasi salah satunya di bidang multimedia.

Multimedia mempermudah penyampaian sebuah informasi, karena di dalam multimedia terdapat gambar, suara, video, dan animasi. Dalam dunia pendidikan salah satu penerapan multimedia yaitu adanya aplikasi-aplikasi multimedia yang edukatif. Pembuatan aplikasi multimedia edukatif harus disesuaikan dengan target pengguna aplikasi. Penggunaan aplikasi multimedia edukatif sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan bisa mencerdaskan anak bangsa.

Pada zaman ini, perkembangan teknologi semakin pesat dan mendukung kreativitas manusia. Salah satu perkembangan tersebut adalah adanya intensitas yang tinggi dalam penggunaan komputer. Penggunaan komputer dengan didukung oleh berbagai software aplikasinya yang meningkatkan kreativitas manusia.

Multimedia termasuk kombinasi bentuk dari teks, audio, gambar diam, animasi, video, dan interaktif untuk menyajikan dan  menggabungkan teks, suara,  gambar,  animasi dan video dengan alat bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.

Multimedia mampu menyampaikan suatu informasi lebih menarik dari penyampaian informasi dengan cara yang biasa. Dengan menggunakan aplikasi multimedia, informasi yang disampaikan bisa  disalurkan  melalui  animasi,  gambar dan  suara  sehingga lebih menarik untuk dibaca atau dilihat.Aplikasi  multimedia tersebut biasa disebut aplikasi multimedia interaktif, karena dalam penggunaannya user diajak untuk lebih aktif.

Penggunaan multimedia dalam penelitian  memiliki beberapa fungsi dan kegunaan yaitu dapat melakukan sistem pegolahan data dari hasil penelitian berupa teks,audio dan vidio, dalam dunia bisnis multimedia digunakan untuk meneliti hasil perkembangan usaha dengan memproses informasi data dan keuangan sebuah perusahaan, pendataan karyawan dan produksi barang.

Daftar Pustaka :

  1. http://cs.upi.edu/uploads/paper_skripsi_dik/EFEKTIFITAS%20PENERAPAN%20MULTIMEDIA%20PEMBELAJARAN%20INTERAKTIF%20KOMPONEN%20PERANGKAT%20KERAS%20(HARDWARE)%20KOMPUTER%20_Rosa%20Rahmatika.pdf
  2. http://repository.stisitelkom.ac.id/140/1/Marcellina_Laurensia.pdf
  3. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304798/Penerapan%20Multimedia%20Pembelajaran%20Terpadu.pdf
  4. http://www.mecicil.com/fungsi-dan-kegunaan-komputer-secara-umum/584/
  5. http://www.satriamultimedia.com/artikel_penerapan_multimedia.html
  6. http://www.anneahira.com/program-aplikasi-20519.htm
  7. http://cyberndut17.wordpress.com/2012/11/29/makalah-multimedia/
  8. http://tekom-upn.blogspot.com/2012/06/aplikasi-teknologi-komunikasi-secara.html
  9. http://hermansyah.info/aplikasi-software-test-khusus-kesehatan-mental-menggunakan-bahasa-pemrograman-c/
  10. http://tugasnila.blogspot.com/2012/11/23-definisi-2-aplikasi.html

Posted March 18, 2013 by anasnurhuda354 in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: