MENCINTAI BANGSA KITA   2 comments


A .Upaya meningkatkan jiwa nasionalisme
Ideologi nasionalisme telah didefeniskan dengan berbagai cara tetapi kebanyakan definisi tersebut tumpang tindih dan menyikapkan tema yang sama.
Nasionalisme adalah suatu ideologi yang meletakan bangsa dipusat masalanya dan berupaya mempetinggi keberadannya. pernyataan ini agak kabur. Kita perlu melangkah lebih jauh dan menetapkan sasaran utamanya, tempat nasionalime barupaya mempertinggi derajat bangsa. Sasaran umum ini ada tiga otonomi nasional, kesatuan nasional dan identitas nasional.
Kerja nasionalisme : suatu gerakan ideologis untuk mencapai dan mempertahankan otonomi, kesatuan, dan identitas bagi suatu populasi yang sejumlah anggotanya bertekad untuk membentuk suatu ” bangsa ” yang aktual atau ” bangsa ” yang pontesial.
Inilah definisi kerja yang didasarkan pada unsur umum dari ideal nasionalis yang mempunyai gaya sendiri, sehingga berkarekter induktif.
Definisi ini mengikat ideologi pada gerakan yang berorientasi sasaran, karena sebagai ideologi, nasionalisme menetapkan jenis-jenis tindakan tertentu.konsep inti ideologilah yang menetapkan sasaran gerakan, sehingga membedakannya dengan jenis gerakan lainnya.
Kaitan erat antara ideologi dan gerakan tidaklah membatasi konsep nasionalisme sekadar sebagai gerakan yang mengupayakan kemadirian. Kata ’mempertahankan’ dalam definisi kerjanya itu mencakup pengaruh nasionalisme.
Definisi yang saya usulkan dalam menganalisis pembaharuan tersebut mengasumsikan suatu merupakan konsep bangsa.
Bentuk budaya bangsa dari kaum nasionalis tersebut adalah bangsa yang anggota-anggotanya sadar akan kesatuan budaya dan sejarah nasional mereka. Mereka juga mengabdikan diri untuk menggali individualitas nasional mereka melalui pendidikan dan institusi- institusi nasional. Hal yang pribumi adalah popular ipso facto.
Bangsa adalah suatu bentuk simbolisme politik dan budaya publik, dan tak pelak lagi merupakan budaya massa yang dipolitisasikan, yang berupaya membolisasikan warga negara agar mencintai bangsa mereka, mematuhi hukumnya, dan membela tanah air mereka.
Dalam satu tataran, nasionlaisme muncul sebagai suatu ideologi politik,di tataran lainnya.

B SIKAP DEMOKRASI
agar nasionalisme dapat berjalan dengan baik maka setiap masyarakat haruslah saling menghargai dan menghormati serta menjunjung tinggi sikap demokrasi.  Membangun sikap hidup demokrasi penting artinya sebelum membentuk sistem demokrasi, apalagi jika belum ada kesepakatan tentang sistem demokrasi yang ingin dibangun. Sikap demokrasi akan memberikan landasan bagi cara berpikir, sehingga bila tidak dijalankan, pembangunan demokrasi hanya akan menjadi mimpi.

C. MENCINTAI KEBERAGAMAN ADAT,BUDAYA,AGAMA

Sebagai salah satu bangsa yang memiliki berbagai macam suku,budaya dan agama kita haruslah bisa saling menghormati berbagai macam keberagaman yang kita punya dan di jadikan sebagai kekayaan bangsa indonesia di kancah dunia,jangan jadikan leberagaman itu sebagai perbedaan yang menjauhkan kita dari persatuan dan kesatuan

Setiap warga negara haruslah memiliki jiwa nasionalisme terhadap bangsanya agar bangsa tersebut bisa memiliki kekuatan dan persatuan yang kokoh

komentar penulis

dari uraian diatas telah kita ketahui betapa pentingnya kita untuk bisa menumbyhkan jiwa nasionalisme,sikap demokrasi serta mencintai dan menghargai berbagai macam keberagaman yang ada di indonesia agar terwujud bangsa indonesia yang kuat dan bersatu

Daftar pustaka

http://yudhim.blogspot.com/2008/01/nasionalisme.html

Posted April 28, 2011 by anasnurhuda354 in Uncategorized

2 responses to “MENCINTAI BANGSA KITA

Subscribe to comments with RSS.

  1. Assalamu’alaikum Mas…

    Sy Dede Mas, sy gak sengaja jln2 ke blog Mas Anas nih, td sy lg googling nyari info ttg tailing, eh yg nongol blog Mas Anas, lumayanlah dpt info2 dikit…aplg trnyata jokam jg…hehehehe.

    Sy mau anya Mas, Mas punya info lengkap ttg teknis pengolahan tailing dan limbah abu pd industri batubara gak Mas? sy lg butuh bgt, soalny lg interview disalah satu perusahaan tambang batubara, sy mau kuasain ttg itu, soalny kmrn di interview sebelumnya sy ditanyain ttg hal tsb tp sy gak tau….

    Amal Sholih infonya yah Mas…ajkk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: