manajement lingkungan   Leave a comment


Kelestarian lingkungan merupakan salah satu tantangan terbesar yang kita hadapi dalam komunitas global. Organisasi-organisasi melakukan kegiatan mereka dalam susunan hukum yang rumit, sementara tuntutan stakeholder semakin tinggi dan harapan-harapan prestasi kinerja lingkungan semakin berat. Agar dapat beroperasi secara efektif dalam lingkungan ini, organisasi-organisasi ini kini dituntut untuk memperlihatkan manajemen proaktif terhadap dampak-dampak lingkungan kegiatan bisnis mereka. Manajamen lingkungan yang efektif meliputi mengikut-sertakan praktek-praktek yang bertanggungjawab secara lingkungan ke dalam proses kegiatan sehari-hari mereka.

Apakah Sistem Manajemen Lingkungan (EMS) itu?

Sistem Manajemen Lingkungan adalah suatu kerangka kerja yang dapat diintegrasikan ke dalam proses-proses bisnis yang ada untuk mengenal, mengukur, mengelola dan mengontrol dampak-dampak lingkungan secara efektif, dan oleh karenanya merupakan risiko-risiko lingkungan. Sistem Manajemen Lingkungan juga menciptakan alat untuk meningkatkan prestasi kinerja dan bergerak menuju ke kelestarian lingkungan melalui praktek terbaik

ISO 14000 di Indonesia

Berdasarkan diskusi dengan berbagai pihak berkepentingan di Indonesia, KLH menyadari potensi penerapan standar ISO 14000 bagi peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan hidup Indonesia serta peningkatan peran serta dunia usaha untuk secara pro-aktif mengelola lingkungan. Oleh karena itu, KLH mendorong dan memfasilitasi penerapan standar ISO 14000 di Indonesia. Berbagai seminar, lokakarya, pelatihan tentang ISO 14000 telah dilaksanakan sejak tahun 1995, yang dimaksudkan menjadi motor penggerak penerapan standar ISO 14000 di Indonesia. Diharapkan dari sosialisasi ISO 14000 ini kualitas para tenaga kerja yang ada di Indonesia akan meningkat. Bukan lagi tenaga kerja yang berkualitas buruk dan apa adanya. Sehingga perlahan tapi pasti kualitas SDM di Indonesia juga meningkat. Tak bisa dipungkiri, kualitas SDM di Indonesia memang masih buruk. Hal ini dibuktikan dengan masih tingginya angka pengangguran di Indonesia. Semoga sosialisasi ISO 14000 ini bisa menjadi titik awal dari kebangkitan kualitas SDM di Indonesia.

daftar pustaka

http://www.saiglobal.com/assurance/ManagementSystems/Environmental/default.htm?ccode=ID

http://inuboa.wordpress.com/

Posted January 8, 2011 by anasnurhuda354 in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: